Sabtu, 01 Desember 2018

Pelajaran 1: AISATSU (Salam dan Ungkapan)

"Aisatsu" dalam bahasa Indonesia berarti salam. Bagi pembelajar pemula sangat penting menguasai salam dalam bahasa Jepang, karena orang Jepang lebih banyak menggunakan aisatsu dalam kehidupan sehari-hari daripada orang Indonesia. Bagi masyarakat Jepang, orang yang biasa menggunakan aisatsu terkesan positif, bahkan orang Jepang menilai sikap dan sifat seseorang dari penggunaan aisatsu. Karena itu, sebelum belajar tata bahasa Jepang alangkah baiknya kita belajar dulu mengenai aisatsu.

Orang Jepang memiliki banyak ungkapan aisatsu, misalnya salam ketika bertemu, berpisah, saat akan makan, selesai makan, akan masuk rumah, keluar rumah, pulang kerja, mengucapkan terima kasih, minta maaf, dan masih banyak lagi. Tetapi dalam kesempatan ini saya akan berikan materi salam yang paling mudah dulu, yaitu salam ketika bertemu dan berpisah. Mari kita pelajari!

1.   Salam Ketika Bertemu

Orang Jepang selalu mengucapkan salam ketika bertemu orang lain, baik ketika bertemu pada pagi, siang atau malam hari.

おはようございます
Ohayou Gozaimasu
Selamat pagi

Diucapkan saat bertemu orang pada pagi hari (setelah bangun tidur) sampai kira-kira pukul 10.00 siang. "Ohayou" diucapkan kepada teman sebaya atau keluarga atau dari orang yang berpangkat tinggi kepada bawahannya, "Ohayou Gozaimasu" merupakan bentuk sopan, diucapkan kepada orang yang baru dikenal atau dari bawahan kepada atasan. 



こんにちは
Konnichiwa
Selamat siang

Diucapkan saat bertemu orang pada siang hari, dari kira-kira jam 10.00 sampai saat matahari hampir terbenam.

こんばんは
Kombanwa
Selamat malam 

"Kombanwa" diucapkan bila bertemu dengan orang pada malam hari dari semenjak matahari terbenam sampai waktu akan tidur. 



おげんきですか。
Ogenki desuka?
Apa kabar?

"Ogenki desuka" merupakan ungkapan yang diucapkan ketika bertemu dengan orang yang sudah lama tidak ditemui. Ini merupakan ungkapan basa-basi yang biasanya dijawab dengan "genki desu/genki" atau bentu yang lebih sopannya saat menjawab adalah "okagesamade

2.   Salam ketika berpisah

さようなら
Sayounara
Sampai jumpa lagi


"Sayounara" merupakan salam perpisahan, biasanya digunakan di sekolah antara guru dengan murid, atau dalam lingkungan tetangga yang secara rutin bertemu tiap hari. Atau diucapkan pada seseorang yang kemungkinan tidak akan kembali atau bertemu lagi dalam waktu dekat. Ungkapan ini tidak biasa digunakan  antara teman sekantor, atau sekeluarga. 

じゃあ、また (また あした)
Jaa, Mata. (Mata Ashita)
Sampai ketemu  (sampai besok)


Ungkapan ini biasa digunakan antara teman sebaya atau teman dekat, biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari.



おやすみなさい
Oyasuminasai
Selamat malam/selamat tidur

Ungkapan "oyasuminasai" digunakan saat berpisah di malam hari atau saat ingin tidur.



3.   Saat Ingin Mengucapkan Terima Kasih

ありがとう ございます
Arigatou gozaimasu
Terima kasih

ありがとう
Arigatou
Terima kasih


"Arigatou gozaimasu" merupakan bentuk sopan dari "arigatou" diucapkan pada orang yang baru kita kenal atau yang kita hormati. Sedangkan ungkapan "arigatou" digunakan pada sesama teman atau keluarga dekat.  

どういたしまして
Douitashimashite
Terima kasih kembali

"Douitashimashite" merupakan ungkapan balasan dari "arigatou".

4.   Saat Meminta Maaf

すみません
Sumimasen
Maaf/permisi

"Sumimasen" diucapkan untuk menyatakan meminta maaf. Ungkapan ini cukup sopan dan dapat digunakan secara umum. Dalam beberapa hal dapat juga diartikan "permisi" dalam bahasa Indonesia. Misalnya, ketika akan bertanya kepada orang lain, ketika akan minta ijin keluar ruangan, dan lain-lain.

ごめんなさい
Gomen nasai
Maaf

ごめん
Gomen
Maaf

Ungkapan ini diucapkan saat ingin meminta maaf kepada orang yamg memiliki hubungan dekat dengan pembicara misalnya teman sebaya atau keluarga. "Gomen nasai" atau "Gomen" merupakan bentuk informal.


もうしわけ ありません / もうしわけ ございません
Moushiwake arimasen/moushiwake gozaimasen
Mohon maaf

"Moushiwake arimasen/moushiwake gozaimasen" merupakan ungkapan permohonan maaf yang paling sopan daripada "gomen" atau "gomen nasai", biasanya digunakan kepada orang-orang yang dihormati oleh pembicara misalnya atasan dalam lingkungan pekerjaan. 

Nah, demikianlah materi "aisatsu" kali ini. Masih banyak salam lain yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Jepang, yang nanti akan kita pelajari kembali dalam materi selanjutnya. Cobalah menggunakan dengan sesama teman pembelajar bahasa Jepang agar terbiasa. 


(Sebagian materi diambil dari sumber www.wkwkjapan.com, gambar dari www.minnanokyozai.com)
Lokasi: Indramayu Sub-District, Indramayu Regency, West Java, Indonesia

4 komentar: