Sabtu, 01 Desember 2018

Video cara memperkenalkan keluarga/teman

Kali ini kita akan belajar memperkenalkan anggota keluarga atau teman, sifat dan ciri khasnya serta apa yang disukainya.
Terlebih dahulu, mari kita pelajari sebutan untuk anggota keluarga dan kosa kata sifat dan kesukaan.

そふ            sofu             kakek
そぼ            sobo            nenek
ちち            chichi          ayah
はは            haha            ibu
あに            ani               kakak laki-laki
あね            ane              kakak perempuan
おとうと   otouto          adik laki-laki
いもうと   imouto         adik perempuan
ともだち   tomodachi   teman


Dalam bahasa Jepang sebutan untuk anggota keluarga sendiri dan anggota keluarga orang lain berbeda, yang kita pelajari kali ini adalah sebutan untuk anggota keluarga sendiri.

Kosa Kata Sifat

やさしい  Yasashii      baik hati
きびしい  Kibishii      tegas
きれい   Kirei           cantik
かわいい  Kawaii        lucu
かっこいい Kakkoii      keren
しずか   Shizuka      pendiam
あかるい  Akarui        periang

Bentuk kalimat untuk menyatakan sifat/ciri khas:
K. Benda (Orang) wa Sifat/ciri khas desu

Contoh kalimat:

Haha wa yasashii desu.
Ibu saya baik hati.

Chichi wa kibishii desu.
Ayah saya tegas.

Ani wa kakkoi desu.
Kakak laki-laki saya keren.


Kosa Kata Kesukaan
アニメ  Anime         kartun
ドラマ  Dorama       drama TV
スポーツ Supootsu     olahraga
おんがく Ongaku       musik
ゲーム  Geemu        game
りょうり Ryouri         memasak
どくしょ Dokusho     membaca
はな   Hana           bunga
とり   Tori             burung

Bentuk kalimat menyatakan kesukaan:
 (Orang) wa K.Benda (kesukaan) ga suki desu.

Contoh kalimat:

Watashi wa anime ga suki desu.
Saya suka kartun.

Ane wa ongaku ga suki desu.
Kakak perempuan saya suka musik.


Coba perhatikan gambar bagan keluarga berikut:

Sumber gambar: Buku Sakura 1 (the Japan Foundation)

Menyatakan Usia
Watashi wa juu roku-sai desu.
Saya 16 tahun

Chichi wa yon juu san-sai desu.
Ayah saya 43 tahun.

Haha wa san juu has-sai desu.
Ibu saya 38 tahun.


Memperkenalkan keluarga:

Kore wa (keluarga/teman) desu.
(keluarga/teman)    wa     (sifat/ciri fisik) desu.
(kesukaan/hobi)      ga suki desu.

Begini contohnya. 
Misalnya, saya ingin memperkenalkan kakak perempuan saya dengan menunjukkan fotonya. Kakak saya berusia 24 tahun, orangnya cantik dan suka musik, maka kalimatnya seperti ini:




これはあねです。
Kore wa ane desu.
あねは にじゅうよんさいです。
Ane wa nijuuyonーsai desu.
あねはきれいです。
Ane wa kirei desu.
おんがくがすきです。
Ongaku ga suki desu.


Sekarang simak contoh video berikut ya!





Dapatkah kamu menangkap siapa yang diperkenalkan dalam video tadi? Bagaimana sifatnya? Apa yang disukainya?







Mudah kan? Nah, cobalah perkenalkan anggota keluarga atau temanmu seperti contoh di atas ya.
Gambatte!

(Sumber materi: Buku Kira-kira Nihongo, penerbit Erlangga 2017)


3 komentar:

  1. Kore wa haha desu.
    Haha wa yasashii desu.
    Ongaku ga suki desu.
    Arigatou.

    Itu kalo saya memperkenalkan ibu saya, bener gitu ya sensei?

    BalasHapus